Materi Algoritma Dan Pemrograman

Berikut adalah Materi Dasar Algoritma dan Pemrograman Mapel Informatika SMA.

  1. Dasar-dasar Pemrograman
  2. Operasi Logika dan Bitwise
    • Operator logika dasar (konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, disjungsi eksklusif)
    • Tabel kebenaran
    • Modus Ponens dan modus Tollens
  3. Aritmetika
    • Bilangan bulat, operasi (termasuk perpangkatan), perbandingan
    • Sifat-sifat bilangan bulat (tanda, paritas, keterbagian)
    • Operasi-operasi modular dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian)
    • Perpangkatan modular
    • Bilangan prima
    • Bilangan pecahan, persentase
    • Teori bilangan
    • Teori himpunan
  4. Aturan Berhitung
    • Aturan penjumlahan dan perkalian
    • Barisan aritmetika dan geometri
    • Bilangan Fibonacci
    • Permutasi dan kombinasi
    • Probabilitas
    • Pigeonhole principle
    • Prinsip inklusi dan eksklusi
    • Segitiga Pascal, teorema binomial
  5. Rekursi
    • Konsep rekursi
    • Fungsi matematis rekursi
    • Prosedur rekursi sederhana
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking
  6. Pencarian dan Pengurutan
    • Linear search
    • Binary search
    • Bubble sort, insertion sort
    • Quicksort, merge sort, heapsort
  7. Strategi Pemecahan Masalah
    • Brute-force
    • Greedy
    • Divide-and-conquer
    • Backtracking (rekursif dan bukan rekursif)
    • Dynamic programming
  8. Struktur Data
    • Tipe data primitif (boolean, integer, character, floating point numbers)
    • Array (termasuk multidimensi)
    • String dan operasinya
    • Stack dan queue
    • Binary heap
    • Disjoint set
    • Segment tree (point update range query)
  9. Graf dan Tree
    • Tree dasar (termasuk rooted tree)
    • Graf berarah dan graf tak berarah
    • Graf berbobot dan graf tak berbobot
    • Representasi graf (adjacency List, adjacency matrix, edge list)
    • Penjelajahan graf (BFS, DFS, keterhubungan)
    • Shortest path (algoritma Dijkstra, algoritma Bellman-Ford, algoritma Floyd-Warshall)
    • Minimum spanning tree (algoritma Jarník-Prim, algoritma Kruskal)
  10. Geometri Dasar
    • Garis, segmen garis, sudut
    • Segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran
    • Titik, koordinat pada bidang Kartesius 2 dimensi
    • Jarak Euclidean
    • Teorema Pythagoras
    • Convex Hull (algoritma Graham scan, algoritma Monotone chain)
  • Related Posts

    PEMANFAATAN AKUN BELAJAR, GOOGLE FORM, DAN RIYU EXAMBRO DALAM UJIAN AKHIR SEKOLAH SECARA ONLINE

    Boawae, April 2025 – Dalam rangka menghadapi era digitalisasi pendidikan dan sebagai upaya memanfaatkan teknologi secara optimal, Sekolah Menengah Atas St. Clemens Boawae telah melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) secara…

    Informatika Kelas XII

    Modul Informatika Kelas XII – Bab IVTranslasi Bahasa Pemrograman dan Pengolahan Data Berskala Besar Pada bab ini, siswa akan mempelajari dua konsep utama dalam dunia informatika, yaitu translasi bahasa pemrograman…

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    You Missed

    PEMANFAATAN AKUN BELAJAR, GOOGLE FORM, DAN RIYU EXAMBRO DALAM UJIAN AKHIR SEKOLAH SECARA ONLINE

    PEMANFAATAN AKUN BELAJAR, GOOGLE FORM, DAN RIYU EXAMBRO DALAM UJIAN AKHIR SEKOLAH SECARA ONLINE

    Informatika Kelas XII

    Informatika Kelas XII

    Formulir SIMPEL BNI

    Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Emas Indonesia

    Peran Pendidikan dalam Membentuk Generasi Emas Indonesia

    Pilkada 2024: Suara Pelajar untuk Masa Depan Daerah

    Pilkada 2024: Suara Pelajar untuk Masa Depan Daerah

    Ketika Kebijakan Pendidikan Terperangkap dalam Kepentingan Politik

    Ketika Kebijakan Pendidikan Terperangkap dalam Kepentingan Politik